TEMAN,SAUDARA, ATAU KELUARGA

Pilih mana yaa?

Mana yang paling kamu butuhkan? teman, saudara, dan keluarga? sebelum menentukan pilihan mari kita ambil pengertian dari masing-masing peran diatas.
1. Teman, teman adalah orang yang dekat dengan kita, seseorang kita anggap sebagai teman bila ia berlaku baik pada kita, walaupun kebaikan itu sendiri belum tentu benar. Pertemanan lebih menonjolkan kebaikan daripada kebenaran. Kesamaan yang mendekatkan kita dengan seorang teman adalah kesamaan tujuan, yaitu tujuan yang condong untuk permasalahan dunia. Padahal dunia itu sendiri bukanlah tujuan, segala permasalahan di dunia terus berputar dengan cepat dan setiap orang akan menjumpai permasalahan yang berbeda dari waktu ke waktu. Sehingga dapat dikatakan umur suatu pertemanan sangatlah singkat dan sesaat yaitu selama kita dan teman kita berada pada permasalahan yang sama, dan dalam pertemanan sangat mempertimbangkan keuntungan apa yang akan didapat dari pertemanan itu.
2. Saudara, saudara adalah orang yang memiliki kesamaan iman/kepercayaan dengan kita, siapapun orang yang memiliki kesamaan iman/kepercayaan dengan kita adalah saudara kita, walaupun kita tidak kenal pun tidak dekat sama sekali dengan orang tersebut. Persaudaraan ada karena kesamaan tujuan yang berorientasi ke akhirat. Dalam persaudaraan kita tidak memikirkan keuntungan apa yang akan kita dapat karena setiap urusan yang berorientasi ke akhirat pasti dilandasi dengan keikhlasan, bahkan kita akan berfikir apa yang bisa kita berikan. Sebuah Persaudaraan akan tetap ada selama kita berpegang pada iman yang sama. Dalam persaudaraan baik kebaikan maupun kebenaran memiliki kedudukan yang sama.
3. Keluarga, kita menjadi keluarga apabila memiliki ikatan darah. Keluarga sering disamakan dengan saudara, namun keluarga bukanlah saudara, karena dalam keluarga sangat mungkin terdapat perbedaan keyakinan. Kedudukan keluarga berada diantara teman dan saudara. Keluarga malah hampir sama dengan teman, Bedanya yaitu dalam keluarga kedekatannya sudah ditentukan sejak lahir dan kedekatannya lebih berkesan, sedangkan dengan teman kedekatan baru akan ada ditengah2 perjalanan hidup kita dan kedekatannya sangat berdasarkan kepentingan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s